Sabtu, 09 Mei 2015

Seruling itu Usianya 7 Tahun



Jadi gini, temen-temen awalnya ceritanya gua itu lagi flashback bareng bokap gua nyeritain masa-masa gua kecil itu kaya gimana. Nah selama ini bokap gue itu gapernah marahin gua tapi lebih nasehatin, jadi jarang banget gue dimarahin. Nah ketika gua jelasin itu ke bokap ternyata dia pernah marah semarah-marahnya sama gue, gua lupa sih spesifikasi dari cerita ini bagaimana tapi gini nih ceritanya.

Jadi dulu itu gua sempet masuk TK tapi ga lama jadi ga gua terusin, karena gua ga ke TK akhirnya papa ( sebutan gua ke bokap ) datang ke salah satu tempat tes psikotes gitu, kira-kira sekitar 11 atau 13 taun yang lalu. Hasil dari psikotes yang gua jalanin itu adalah gua bisa lanjut ke SD meski engga TK dulu dengan usia yang sangat muda sekitar 5,5 taun ( 5 Taun setengah orang bilang ). Karena hasil psikotes itu sangat menggembirakan papa di usia sekecil itu gua udah masuk kelas 1 SD disalah satu SD Swasta di Bandung nama sekolahnya itu SD Muhammadiyah 4 kalo gua ga salah inget.

Nah di sekolah itu gua sekelas sama sepupu gua usianya beda setaun atau setengah taun gitu sama gua, dan ternyata gua ini anak termuda di kelas itu. Karena engga TK gua ini masih bodo banget sama yang namanya Baca – Tulis, tapi gua dapet guru yang baik banget yang dengan sabarnya mau ngebantu gua belajar kalo gua ga salah inget namanya tu bu Tini. Nah momen yang paling inget itu sama beliau tiap ngetes gua baca di papan tulis gua ini pasti di dampingi sang ibu guru, karena gua masih bisa baca dengan ngeja.

Tapi jauh sebelum memori itu, ada kejadian yang amat dramatis yang bersangkutan sama proses gua bisa baca dan nulis. Tapi sebelum itu mari kita flashback sama memori bokap gua, jadi papa itu punya satu benda yang amat sangat sakral, banyak banget memori papa sama seruling itu, dan amat sangat penting yaitu sebuah Seruling, Seruling ini adalah salah satu benda yang bisa bikin papa sukses seperti itu saat itu karena kerjaan papa waktu itu bergelut sama keseninan. Dan saat itu seruling itu udah nemenin hari-harinya papa selama 7 taun gua lupa spesifikasi dari suling itu yang gua inget itu ( kalo gasalah inget ini pun ) serulingnya itu seruling Sunda, warnanya putih, dan ada ciri khusus yang nandain kalo seruling itu tuh punya papa.

Nah jadi kejadiannya itu, ada suatu hari ketika gua kelas 1 itu karena gua belum bisa baca dan nulis SEDANGKAN sekitar dua hari kedepan gua ini ujian akhir semester. Dihari itu papa dengan sekuat tenaga ngajarin gua gimana baca dan gimana nulis, dan dibikin pusing juga karena H-2 ujian gua belum bisa apa-apa. Ketika itu ada momen dimana papa yang jadi sangat emosi dan kesel karena gua gabisa baca itu sedangkan hari itu H minus 2 Ujian kan, papa marah dan akhirnya papa mukulin Seruling paling bersejarah itu ke arah gua, tapi memang ga kena sama guanya. Jadi posisinya waktu gua dimarahin itu gua lari ke arah pintu dan diemnya itu di sudut pintu gua tertunduk sambal jongkok disudut pintu, papa mukulin itu seruling ke arah gua cuma kenanya itu ke pintunya, alhasil seruling papa patah sampe bubuk ga berbentuk.

Itu hari paling marahnya papa sampe saat ini, dan ternyata alasan papa marah itu bukan karena gua gabisa baca dan nulis dia itu marah sama nyokap gua sebetulnya, karena ketika anak lain belajar dengan ibunya sedangkan gua gabisa dapet kesempatan itu. Ya , , , bokap sama nyokap udah cerai dari gua kecil jadi saat kejadiian ini itu hal yang papa pikirin ketika mukul gua dengan serulingnya itu adalah betapa teganya nyokap gua ninggalin anaknya sampe seperti ini, disaat anak lain bisa belajar dengan ibunya tapi gua engga sehingga papa harus berperan sebagai ibu dan ayah disaat bersamaan disaat papa sibuk dengan kerjaannya.

Sebetulnya memori ini gua lupa sama sekali, which is gua saat itu masih kecil. Yang bikin gua terharu sama cerita ini adalah papa sangat menyesal sama perlakuan papa yang mukul gua karena gua gabisa baca dan nulis ketika itu, padahal menurut gua itu papa marah saat itu sangat wajar dan memang haknya karena gua gabisa berbuat apa-apa ketika gua harus bisa bikin papa bangga dengan hal kecil dpet nilai yang bagus ketika ujian. Alhasil saat papa selesai bercerita gua ini malah merasa bersalah karena gua seruling kesayangan papa harus rusak, dan betapa bahagianya punya papa yang sebaik ini.

2 komentar:

  1. kasih sayang seorang ayah emang paling super.
    gue terharu:")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ternyata kasih sayang ayah juga ga kalah sama kasih sayang ibu

      Hapus